Seniman Yang Baik "Meniru", Seniman Hebat "Mencuri"

Beberapa dari kita pasti mengenal seorang "Jenius" bernama Steve Jobs (Alm). Dia adalah salah satu pendiri Apple.Inc yang mungkin diantara pemirsa juga ada yang menggunakan produknya. Tapi yang ingin aku sorot disini bukanlah (Alm) Steve Jobs, karena jujur aja aku gak begitu kenal dengan beliau. Yang menarik perhatianku adalah salah satu kutipan beliau yaitu

"Good artists copy, Great artists steal"

Yang artinya kurang lebih sama dengan judul posting ini. Banyak yang menerka apa arti atau makna dari kutipan tersebut, dan aku sendiri pun punya pendapat dari kutipan tersebut. Menurutku, kata "Artists" disini bukan berarti hanya untuk seorang yang bekerja di bidang seni, seperti musisi, pelukis, desainer dll, tapi untuk semua orang yang hidup di dunia, karena menurut ku hidup adalah seni, dan tanpa disadari, kita semua terlahir sebagai seorang seniman.
Berarti kita semua terlahir sebagai orang yang akan menjadi musisi, pelukis, atau desainer gitu..??

Ngga gitu juga..

Kenapa aku sebut semua orang terlahir sebagai seniman? Coba kita pikir dan lihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, dalam hal ini kita lihat hidup kita sendiri. Kita hidup, pasti akan berkarya entah disadari atau ngga. Karya dalam hal ini adalah bagaimana cara kita berjuang untuk bertahan hidup, apa yang kita hasilkan selama kita hidup, itu semua adalah seni, karena tujuan dari seni adalah untuk berkarya, bukan hanya untuk menghibur seperti yang banyak orang pikirkan (entertainer), dan nilai dari seni tersebut adalah seberapa indah kita meng-kreasi-kan seni tersebut menjadi nyata.

 Jadi banyak orang yang salah mengerti dengan kata "artist" ya..

Selama ini kan yang di sebut "artist" oleh banyak orang itu cuma pemain sinetron dll..

Nah, sekarang kita masuk ke intinya, "Good artists copy, Great artists steal". Kata "copy" atau "meniru" disini adalah bagaimana kita (artist) meniru kesuksesan yang diraih oleh artist (orang) lain. Dalam hal ini, kita harus mampu meniru apa saja yang dilakukan artist yang kita tiru untuk mencapai kesuksesan, maka kita akan mampu menjadi artist yang baik.

Tapi ingat, kata meniru disini maksudnya meniru dalam arti yang positif yaa..

Gimana dengan kata "steal" (mencuri) dari kutipan itu..??

Apa kita harus mencuri karya mereka..??

 Ya ngga lah..

Kalo mencuri kaya gitu gak baik namanya, dan gak pantes disebut artist..!!

Trus maksudnya gimana donk..??

Nih, aku jelasin ke pemirsa sekalian..

Kata "steal" atau mencuri disini yang dimaksud adalah mencuri apa yang kira-kira menjadi inspirasi sang suksesor.

Jadi kalo sumber inspirasi sang artist sukses tersebut adalah istrinya, berarti kita harus mencuri istrinya gitu kan..

Omegot..!! Bukan gitu juga kalee..
-,-"

Bisa ditimpuk pak RT ntar kalo ambil istri orang..

Maksudnya disini adalah, mencuri inspirasi dalam arti, dari sudut pandang apa dia menjadikan sesuatu sehingga menjadi sumber inspirasinya. Misal sumber inspirasi sang suksesor adalah istrinya, kita harus melihat bagaimana bisa dia menjadikan istrinya menjadi sumber inspirasinya, lalu tiru dan ambil, sehingga kita bisa menerapkan dan mengembangkannya dengan sentuhan kita sendiri. Dan yang paling penting adalah, kita harus mampu mencuri "cara berpikir" dari orang-orang sukses tersebut agar kita mampu sesukses mereka.

Lah, bukannya itu sama aja kita niru ya..??

Beda donk..

Trus dimana bedanya..??

Nih aku kasih tau..

Kalau kita hanya meniru (copy), tentunya kita hanya akan menjadi "pengikut" donk, dalam arti kita masih selangkah-dua langkah ketinggalan dibanding ama artist pendahulu yang sukses dan karya kita tersebut tentunya masih kalah dengan artist sukses yang kita tiru. Nah kalau kita sudah bisa mencuri (steal) dan mengembangkan seni tersebut, maka kita bisa membuat sebuah karya seni "baru" yang sama baiknya dengan karya artist yang kita "curi", bahkan jika "sentuhan" kita lebih kreatif, bukan tidak mungkin karya kita akan menjadi lebih baik dari artist sukses sebelumnya. Dan itu membuat kita bukan lagi seorang peniru, melainkan sang kreator, maka dari itu di sebut "great artist"

Tapi sekali lagi inget ya, mencuri disini dalam arti yang positif..

Nah itulah arti dari kutipan om Steve Jobs (Alm) tersebut menurut saia. Kalo menurut pemirsa sendiri gimana? :D Yang jelas kutipan itu cukup lah buat jadi motivasi baru dalam hidup kita. :)

Nah, sekian dulu ya pemirsa postingan dari saia, semoga bermanfaat. Kalo ada kesalahan kata atau ada beberapa yang pemirsa tidak mengerti.. Ya maap :P

Komentar

  1. siapa orang yang ga pernah niru...? sya beranggapan apapun ciptaan manusia adalah sebuah tiruan cama' dikebangkan sesuai dengan media masing" termasuk orang yg mau jujur pada diri sendiri juga meniru ,alias meniru tidak sok bohong hehehehehh..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bisa dibilang meniru itu adalah proses belajar. Tapi kalo gak dikembangkan sendiri ya gak bakal maju :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cowo Tulen? Berani Coba Honda CB150R Gak?

Ssstt! Lagi PDKT Sama OPPO N1 Nih!

Honda CB150R, Si Tangguh Buat Jalan - Jalan Lovers